20 Maret 2008

Kekuatan Komunikasi

Ketrampilan berkomunikasi semakin diperlukan untuk meniti kesuksesan dalam berkarir. Apapun keahlian dan kemampuan yang dimiliki seseorang, komunikasi sangat berperan aktif.

Ketrampilan komunikasi secara personal sangat dibutuhkan dalam memuluskan tugas-tugas anda seperti mengungkapkan ide, negosiasi, presentasi, lobbying maupun networking. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar komunikasi memiliki kekuatan yang dashyat untuk kemajuan karir anda.

Jangan menggunakan kata-kata yang sulit diucapkan dan dihafalkan. Lebih baik anda menggantinya dengan kata-kata yang lebih mudah dicerna. Tetapi agar kata-kata terkesan kuat, gunakan istilah tertentu untuk memperjelas maksud anda. Jadi kuasai unsur-unsur bahasa seperti sinonim, antonim, anonim, idiom atau ungkapan dan kata penghubung. Sehingga anda memiliki kosa kata yang lebih luas dan bernilai tinggi.

Pahami dan kuasai ragam bahasa, baik yang resmi maupun tidak, lisan ataupun tulisan. Kenali ragam bahasa dalam suatu kalangan lalu gunakan bahasa tersebut di kalangan itu. Dengan begitu, anda bisa lebih fleksibel dalam berbahasa, tergantung situasi dan kondisi yang sedang anda hadapi. Menguasai ragam bahasa ini, termasuk penguasaan anda terhadap bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Hal ini akan sangat membantu kelancaran anda dalam berkomunikasi terutama dengan orang-orang asing.

Perhatikan kualitas suara dalam berkomunikasi. Gunakan intonasi dan nada suara, tempo, jeda, dinamika dan ekspresi suara dengan baik serta benar. Saat berbicara, sebaiknya suara nafas jangan sampai terdengar. Kontrol kualitas suara anda dengan baik. Jangan bicara dalam nada terlalu cepat atau lambat. Dengan nada bicara yang sedang, maka ekspresi suara akan lebih jelas dan mudah dipahami.

Hindari komunikasi yang menunjukkan aksen atau logat daerah yang terlalu kental. Jika anda berasal dari daerah tertentu cukup sulit untuk menghilangkan aksennya. Tapi usahakan agar tidak terlalu dominan. Tunjukkan karakter suara yang tegas tapi dengan tutur kata yang teratur serta intonasi suara yang tepat.

Komunikasi yang efektif bisa terwujud karena adanya keseimbangan antara pembicara dan pendengar. Anda bukan hanya dapat berbicara tetapi juga harus bisa menjadi pendengar yang baik dan aktif. Perhatikan ucapan lawan bicara dengan seksama dan dengarkan dengan sensitivitas yang tinggi. Beri respon positif terhadap pembicaraan tersebut dan ungkapkan pendapat anda. Ketahui kapan anda harus berbicara dan interupsi. Jangan lupa pertahankan kontak mata yang baik untuk menunjukkan empati dan simpati anda terhadap lawan bicara.

Dengan ketrampilan komunikasi yang anda miliki, jalan untuk menuju sukses akan semakin terbuka lebar. Mulai sekarang pelajari dan tingkatkan ketrampilan komunikasi anda. Dengan memiliki keahlian komunikasi maka anda bisa diterima dimanapun anda berada.

Tidak ada komentar: