09 November 2008

Kiat Berpolitik dalam Karir


Sebelum membaca kiat ini, penting untuk memaknakan politik dalam pemaknaan yang benar dan tentu dengan niat dan cara yang baik. Sudah sewajarnya jika bawahan bekerja maksimal dibawah pengawasan atasan, jadi lakukan pekerjaan sebagai kewajiban untuk perusahaan.

Saat presentasi ucapkan terima kasih kepada atasan karena telah hadir dan beritahukan bahwa ide materi presentasi tersebut dari atasan. Tanpa terlalu terlihat menjilat, anda dapat membuat hati atasan senang dan tetap memberikan poin kepada perusahaan.

Jika kebetulan anda ingin melakukan manuver office politic, lakukan hal itu sesuai dengan misi yang ditetapkan perusahaan tempat anda bekerja. Pelajari baik-baik situasi dan lakukan di saat yang tepat, dimana kesempatan itu bisa anda ambil sehingga anda tidak salah posisi.

Setiap kantor pasti memiliki iklim politik masing-masing, dimana muncul berbagai kelompok dengan jenis anggota berbeda-beda, bisa berdasarkan almamater, suku dan lain-lain. Jika anda ingin masuk ke dalam salah satu kelompok, pelajari dulu sifat-sifat mereka, hitung untung rugi dan semua keputusan yang anda ambil. Pelajari juga adanya intrik yang akan menyebabkan anda mendapat kesusahan di kemudian hari.

Tidak semua office politic itu ekstrem, tapi tak menampik bahwa office politik ada dan itu merupakan problematika tersendiri dalam dunia kerja. Mulai dari perusahaan multinasional hingga ke bengkel motor yang kecil, office politic hadir sebagai konsekuensi kompetisi di dunia kerja. Sebagai perempuan pekerja, mau tak mau hal ini harus anda hadapi dan jangan melarikan diri jika tak mau dianggap sebagai sebagai trouble maker. Tenang, dan hadapi. Jangan lupa pula tingkatkan kapasitas diri dan tetap bekerja keras. Dan sukses untuk anda...

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel anda di

http://karir-pekerjaan.infogue.com/kiat_berpolitik_dalam_karir

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!