05 April 2008

Learn to be Leadership

Memang tidak semua orang memiliki bakat menjadi seorang pemimpin. Sebenarnya kepemimpinan pada diri seseorang bisa diasah dengan mempelajari banyak hal. Jika anda ingin menjadi seorang pemimpin, sebaiknya anda simak beberapa langkah yang harus anda perhatikan.

Tidak ada salahnya anda mengidolakan seorang tokoh pemimpin agar anda bisa mempelajari gaya kepemimpinannya. Lakukan apa yang dilakukan oleh tokoh idola anda. Banyak pemimpin sukses yang meniru gaya kepemimpinan orang lain meski tidak semua mengakui hal tersebut.

Saat anda menemukan kesulitan sebaiknya anda jangan lari dari kesulitan tersebut. Cobalah anda selesaikan semampu anda. Jika perlu mintalah saran kepada atasan tentang cara terbaik dalam menyelesaikan masalah anda. Dengan begitu anda bisa mempelajari caranya menghadapi masalah tersebut.

Belajarlah menghadapi publik. Biasanya para pemimpin adalah orang yang mampu tampil di depan publik dengan baik. Jadi kalau memang anda ingin menjadi seorang pemimpin maka anda harus mulai belajar tampil dan bicara di depan umum. Asah dan tingkatkan intelektualitas anda serta kepercayaan diri anda.

Fokus pada pekerjaan tapi santai dalam menyelesaikannya. Dengan cara ini akan membuat anda tampil sebagai pekerja dengan kualitas pemimpin dan tampil sebagai sosok pekerja yang lebih terbuka dan manusiawi. Terkadang ukuran kesuksesan seorang pemimpin bisa terlihat dari caranya memperlakukan dirinya sendiri.

Berusahalah untuk menguasai bidang lainnya. Seorang pemimpin dituntut untuk mengetahui lebih banyak hal daripada anak buahnya. Jika anda merasa kurang menguasai dalam bidang tertentu, cobalah anda mulai mempelajarinya dengan mengikuti kursus tentang bidang tersebut. Dengan begitu wawasan anda akan lebih terbuka saat anda menghadapi suatu masalah. Semoga anda berhasil menjadi seorang pemimpin yang baik dan menjadi panutan bagi bawahan anda.


Tidak ada komentar: