24 April 2008

Mitos dan Realita Tentang Sukses

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup yang sama yaitu meraih kesuksesan. Tapi jika dilihat ukuran kesuksesannya, pasti akan berbeda satu sama lain. Dalam pemikiran orang kesuksesan pasti selalu identik dengan kedudukan, pendidikan tinggi dan kekayaan atau banyak uang. Ada berbagai anggapan atau mitos saat seseorang ingin meraih kesuksesan, simak beberapa mitos dan kebenarannya.

Ada mitos yang mengatakan bahwa orang tidak bisa sukses karena memiliki latar belakang pendidikan yang kurang. Tapi pada kenyataannya setiap orang bisa meraih kesuksesn meskipun pendidikannya biasa-biasa saja. Yang terpenting adalah kemauan, usaha dan kerja keras. Meskipun begitu, pendidikan juga penting agar kesuksesan yang sudah diraih dapat bertahan lama.

Mitos mengatakan kesuksesan dapat diraih jika seseorang bekerja lebih dari 60 jam dalam seminggu. Sebenarnya bukan lamanya bekerja tapi bagaimana anda bisa menyelesaikan tugas dengan benar. Akan sia-sia bila anda bekerja dengan waktu yang panjang tapi tidak bisa diselesaikan dengan baik. Untuk meraih sukses, anda harus mengetahui bagaimana memanfaatkan waktu agar menghasilkan yang terbaik.

Kesuksesan bisa dicapai apabila anda mengikuti peraturan yang berlaku, itu hanyalah mitos. Pada kenyataannya, setiap situasi membutuhkan cara yang berbeda dan hidup penuh dengan peraturan yang harus dipatuhi. Tapi sesekali tidak ada salahnya anda membangkang dari peraturan yang ada, selama anda merasa yakin mampu meraih kesuksesan dengan cara anda sendiri. Cobalah ciptakan peraturan untuk diri sendiri yang bisa membuat anda meraih kesuksesan dengan gemilang.

Benarkah orang sukses tidak pernah melakukan kesalahan? Tentu saja salah, karena orang sukses hanyalah manusia biasa sehingga bisa melakukan kesalahan. Tapi orang sukses tidak akan mau mengulang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Mereka menjadi kesalahan tersebut sebagai pengalaman dan pelajaran berharga agar lebih terpacu untuk meraih kesuksesan.

Apakah benar kesuksesan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor keberuntungan? Sebenarnya hanya dibutuhkan sedikit keberuntungan untuk meraih kesuksesan. Tapi yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan adalah kerja keras, pengetahuan, usaha, doa dan keyakinan. Apabila semua sudah anda jalani maka faktor keberuntungan akan menyertai langkah anda menuju kesuksesan.

Memiliki banyak uang atau kekayaan selalu diidentikkan dengan kesuksesan. Sebenarnya uang hanyalah salah satu dampak dari kesuksesan. Selain uang, ada dampak penting dari kesuksesan yaitu kepuasan dan kebahagiaan. Jika anda memiliki banyak uang tapi tidak pernah puas dan bahagia maka menandakan bahwa anda tidak pernah sukses.

Ada mitos yang mengatakan bahwa anda telah sukses jika kesulitan telah berakhir. Saat satu kesulitan telah berakhir, anda masih harus menyingkirkan kesulitan yang lain. Karena sebenarnya jalan menuju kesuksesan sangatlah panjang sehingga anda jangan pernah merasa putus asa, patah semangat atau berhenti ditengah jalan. Tetaplah perjuangkan dengan penuh semangat.

Ada anggapan yang mengatakan bahwa sukses harus diakui oleh semua orang. Yang perlu anda ingat, ukuran sukses setiap orang sangat relatif sifatnya. Apabila anda telah merasa meraih kesuksesan, belum tentu oranglain mengatakan hal yang sama. Saat anda mengatakan bahwa merasa puas dengan apa yang telah anda capai maka itu sudah bisa dikatakan sukses.

Jadi setiap orang memiliki persepsi yang berbeda terhadap kesuksesan. Semua itu tergantung bagaimana komitmen dalam diri individu saat ingin meraih kesuksesan. So, kalau anda ingin meraih kesuksesan, kenapa tidak mulai dari sekarang ?

Tidak ada komentar: